1 500 Nakes Lansia Mendapat Jatah Vaksinasi

Dimana satu orang meskipun belum masuk information atau sasaran vaksin apabila mengajak satu lansia maka bisa mendapatkan jatah vaksinasi covid. Akan tetapi realita di lapangan sangat berbeda, pemberian vaksin yang terjadi di Koramil Pekalongan Barat kurang terkoordinasi. Antrian yang membludak dan kurangnya sosisalisasi menjadi masalah serius. Vaksin AstraZeneca menyasar pada kelompok prioritas vaksinasi tahap kedua, yakni para petugas pelayanan publik dan masyarakat lanjut usia . Alasan vaksin AstraZeneca disebar ke tujuh provinsi tersebut karena didasarkan pada pertimbangan daerah yang memiliki sektor pariwisata prioritas dan menggelar acara internasional.

Sehingga Pemprov mengambil skala prioritas terhadap wilayah tertentu di Jateng yang mendapatakan vaksin terlebih dahulu. Untuk sementara, kata dia, hingga bulan Mei pihaknya tidak mendapatkan jatah distribusi vaksin Covid-19 lanjutan. “Sampai bulan Mei nanti kita tidak akan dapat penyaluran vaksin lagi, kecuali vaksin yang ada sudah selesai diserap,” tutupnya.

Hal itu berdasarkan surat keterangan dokter di faskes tingkat pertama maupun lanjutan. Vaksin Moderna diprioritaskan bagi penderita autoimun maupun komorbid dan bukan sebagai vaksin dosis ketiga. Vaksin ini sengaja diprioritaskan untuk wilayah DKI Jakarta, sebab di wilayah tersebut cenderung lebih besar kemungkinannya terjadi penularan virus Covid-19 dibanding daerah lain. Namun demikian, Indonesia sudah mendapatkan pasokan vaksin lebih dulu dan sudah memulai vaksinasi COVID-19. Menkes Budi mengatakan vaksinasi COVID-19 perlu dukungan dari berbagai kalangan. Sejauh ini, kata Jamil yang juga selaku Ketua Percepatan Vaksinasi ini, vaksin yang diterima masih belum bisa mencukupi kebutuhan.

Vaksinasi menyasar pejabat publik, namun keluarga anggota DPR RI disebut dapat vaksin. “Untuk Gorontalo diperkirakan akan tiba satu dua hari kedepan dan itu sudah kita siapkan segala sesuatunya, mulai dari penjemputan, tempat penyimpanan, kemudian komunikasi dengan kabupaten kota. Kami harus pastikan mulai dari penyimpanan sampai penyuntikan ke sasaran dalam kualitas aman,” tutup dr. Yana. Namun, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria tak ingin ikut dalam polemik tersebut. Yang penting, vaksin AstraZeneca bisa dipakai dan pemerintah pusat sudah memutuskan untuk mendistribusikannya di DKI. Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Jumat (15/1) pekan ini menegaskan bahwa wilayah yang mempunyai resiko tinggi persebaran Covid-19 diprioritaskan untuk loebih dahulu mendapatkan jatah vaksin, seperti Semarang, Solo dan Banyumas. [newline]Dinas Kesehatan hanya mengambil sampel forty nine pedagang pertokoan yang dipilih secara acak untuk mengikuti vaksinasi kali ini.

Mendapatkan jatah vaksinasi

Komisi C DPRD Kota Pekalongan, mendorong Dinas Kesehatan Dinkes setempat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat lanjut usia atau lansia dalam melaksanakan vaksinasi COVID-19. Hingga saat ini capaian vaksinasi dosis lansia adalah sebesar 34,52 % atau sebanyak 6.772 jiwa, sedangkan untuk vaksinasi dosis II lansisa sebesar 26,79% atau sebesar 5.256 jiwa. Sementara itu Kepala Dinkes setempat Dr. Slamet Budiyanto SKM, M.Kes menjelaskan,untuk meningkatkan partisipasi lansia Dinkes telah menerapkan program 2 in 1 atau minimal 1 in 1.

Dalam kesempatan itu, dia meminta semua pihak untuk terus mendukung dan melanjutkan program vaksinasi. Untuk diketahui bahwa saat ini Kabupaten Pati memiliki vaksinator dari rumah sakit, puskesmas dan klinik swasta sebanyak 89. REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR – Dinas Kesehatan Cianjur belum mendapatkan vaksin tambahan yang sudah diajukan ke pemerintah pusat melalui Provinsi Jabar. Selain itu, di dareah lain menunjukkan fakta banyak warga yang balik karena tidak mendapatkan jatah vaksinasi dengan mendaftar lewat daring.