7 Cara Meningkatkan Kualitas Diri Menjadi Pribadi Yang Lebih Unggul

Dasar ini menempatkan kaum muslimin sebagai saudara, karena memiliki akidah yang sama. Mengacu pada pokok permasalahan diatas, terlihat bahwa kekhalifahan manusia bukan sekedar jabatan yang biasa. Dengan jabatan tersebut manusia dituntut untuk bertanggung jawab terhadap kehidupan dan pemeliharaan ciptaan Tuhan di muka bumi. Untuk itu manusia manusia dapat mengemban amanat Allah baerupa kreasi yang didasarkan atas norma-norma ilahiyat. Aspek dimensional, pembentukan kepribadian Muslim yang didasarkan atas penghargaan terhadap factor-faktor bawaan yang berbeda .

Untuk itu harus selalu diupayakan terciptanya stabilitas ekonomi agar dapat menarik para investor. Stabilitas ekonomi memerlukan dukungan stabilitas politik, yang kemudian oleh para pejabat negara seringkali diinterpretasikan sebagai perlunya pendekatan keamanan . Dalam bentuk lain, hal yang sama sering terlihat dalam proses penegakan hukum ataupun proses pengadilan di mana standing, kekuasaan atau uang Deposit LINK AJA yang dimiliki pelanggar hukum ikut mempengaruhi jalannya persidangan maupun keputusan yang diambil. Keterbatasan komunikasi juga mengisolir peristiwa yang berlangsung di wilayah tertentu. Peristiwa di Banda Aceh, misalnya, akan lama sekali sampai pemberitaannya di Merauke, Irian Jaya. Namun, berkat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjelang abad 21, jarak tampaknya tidak lagi menjadi masalah.

Stres yang tidak terkontrol juga dapat menimbulkan gangguan mental, seperti perasaan cemas, ilusi dan depresi. Ketidakmampuan mengelola emosi juga bisa menimbulkanmood swingyang berpengaruh terhadap kemampuan menjalin hubungan yang kuat. Pernah kah kita merasa lelah berlebihan ketika menghadapi tekanan pekerjaan? Menghadapi masalah dalam pekerjaan yang membuat kita stres sehingga mempengaruhi kinerja anda? Stres yang tidak terkelola dengan baik bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius, seperti meningkatkan tekanan darah, menurunkan daya tahan tubuh, mempercepat penuaan dan meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung.

Hal- hal baik untuk meningkatkan kepribadiaan kita

Bila situasi dan kondisi tidak memungkinkan alternatif di atas atau alternatif tersebut sudah diusahakan tetapi tidak membuahkan hasil maka akan muncul perasaan frustrasi. Dengan adanya stimulus tertentu sebagai pemicu, frustrasi ini dapat dengan mudah menjelma menjadi perilaku agresif. Pengamatan terhadap pengalaman di masa lalu menunjukkan bahwa dalam pola budaya yang berorientasi kekuasaan, orang-orang yang berstatus rendah lazimnya mencari perlindungan dalam kolektivitas . Bandura menemukan hal yang kurang lebih sama, yaitu bila cukup banyak orang yang memiliki self-efficacy tinggi, maka mereka cenderung untuk melakukan protes dan usaha kolektif untuk mengubah keadaan.

Apabila individu sudah dapat membedakan yang baik dengan yang buruk dan melakukan segala ‘sesuatu’ sesuai dengan norma atau aturan yang berlaku, etika akan menjadi suatu pedoman di mana individu itu mampu menerapkan ‘sesuatu’ tersebut. Dengan begitu, itu menunjukkan bahwa etika dikatakan mampu sebagai jembatan antarnilai agama dan budaya. Guna pandangan atau orientasi etis ini perlu adanya mengambil suatu sikap yang wajar dalam situasi dan kondisi masyarakat yang majemuk . Etika filosofis adalah jenis etika yang lahir dari kegiatan berpikir atau berfilsafat yang dilakukan oleh individu dan termasuk dalam bagian dari filosofis . Kedua, etika ini merupakan lingkupan dari etika umum yang sebagian besar individu telah menerapkan dan mengetahuinya. Etika umum ini condong luas dan banyak dengan bagian-bagian yang tak terbatas.

Ada banyak orang di belahan dunia ini yang sangat hebat di bidang akademis tetapi mereka tidak mampu dengan baik berhubungan dengan orang lain . Sebut saja, tidak beristirahat dengan cukup, kekurangan makanan bernutrisi, atau malas berolahraga. Faktanya, gaya hidup sehat tak hanya membuat Anda fit secara fisik, namun juga meningkatkan kondisi mental dan kepercayaan diri. Dalam sebuah studi yang dimuat dalamNeuropsychiatric Disease and Treatment, beraktivitas fisik dengan teratur, terbukti dapat menghadirkan citra tubuh yang positif.

Sebab, mencoba meredam stres atau kesedihan bukan hanya tidak membantu, tetapi juga bisa berbahaya. Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health dan University of Rochester menemukan bahwa mereka yang menekan emosi memiliki risiko kematian dini yang lebih tinggi. Orang yang rendah hati pandai memosisikan dirinya untuk menghargai orang lain dan tidak pernah merasa dirinya lebih hebat dari orang tersebut. Mereka tahu kapasitas dirinya dengan mengetahui kekurangan yang dimilikinya dan berusaha memperbaikinya.

Erikson dalam teori perkembangan psikososialnya menyatakan bahwa tugas utama di masa remaja adalah membentuk identitas diri yang mantap yang didefinisikan sebagai kesadaran akan diri sendiri serta tujuan hidup yang lebih terarah. Mereka mulai belajar dan menyerap semua masalah yang ada dalam lingkungannya dan mulai menentukan pilihan yang terbaik untuk mereka seperti teman, minat, atau pun sekolah. Di lain pihak, kondisi ini justru seringkali memicu perseteruan dengan orangtua atau lingkungan yang tidak mengerti makna perkembangan di masa remaja dan tetap merasa bahwa mereka belum mampu serta memperlakukan mereka seperti anak yang lebih kecil. Pendidikan karakter ini tidak akan berhasil dengan baik dan tidak akan berarti apa – apa, apabila keluarga melepaskan tanggung jawab pembentukan karakter hanya kepada sekolah. Peran keluarga dalam pendidikan anak teramat besar, keluarga merupakan unsur terkecil dalam masyarakat, dari keluarga pulalah anak belajar berperilaku dan bersikap sebagai anggota masyarakat yang bermartabat. Menurut Abdullah al-Darraz, pendidikan akhlak dalam pembentukan kepribadian muslim berfungsi sebagai pengisi nilai-nilai keislaman.

Jika keluarga tidak bahagia dan mendukung, maka cari teman-teman yang mendukung dan dapat dipercaya. Dengan menerima diri, kita merasa diri berharga atau sekurang-kurangnya sama dan sejajar dengan orang lain karena menyadari bahwa di samping kekurangan-kekurangan, juga memiliki kelebihan-kelebihan. Ia hidup dalam lamunan, memperoleh kepuasan semu, namun jauh dari realitas dirinya sendiri yang sebenarnya. Ia tidak mau bergaul dengan orang lain dan mau orang lain menganggapnya unggul. Suatu sikap menghormati dan menjaga diri sendiri, tidak membiarkannya terlantar dan menjadi beban orang lain, serta tidak membiarkannya, diperalat atau dimanipulasi oleh orang lain. Koreksi ini dapat kita lakukan sendiri dan juga dengan bantuan orang lain dan kesediaan kita untuk menerima kritik dan meresponnya secara positif.

Orang yang memiliki integritas tinggi mampu menghadapi setiap godaan yang akan merusak integritasnya. Dia akan hidup dengan keyakinan yang kuat dan berpegang teguh pada nilai-nilai yang diyakininya. Integritas yang tinggi akan melahirkan orang-orang yang disiplin dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Pribadi yang berintegritas akan tetap pada komitmennya dan tahan terhadap ujian yang akan menggoncangkan komitmen tersebut. Orang-orang yang menjadi pemimpin atau yang benar-benar sukses cenderung memiliki tiga kualitas.