Pentingnya Vaksinasi, Masyarakat Peduli Covid

Manfaat lain menerima vaksin Covid-19 adalah membantu pembentukan herd immunity atau kekebalan komunitas untuk menghentikan pandemi. Herd immunity adalah kondisi ketika sebagian besar kelompok dalam masyarakat telah mendapat kekebalan dari suatu penyakit. Dengan demikian, potensi penularan penyakit tersebut lebih kecil, bahkan nihil, karena mata rantai terputus saat virus tak bisa menginfeksi anggota masyarakat yang telah kebal. Jadi, dengan mendapatkan vaksin COVID-19, kita tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar kita yang belum memiliki kekebalan terhadap virus Corona. Sebenarnya, sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya.

Edukasi mengenai pentingnya vaksin harus menjadi agenda yang dilakukan secara kontinu, agar masyarakat betul-betul memahami manfaat mendapatkan vaksin tepat waktu dan tidak mudah terpengaruh informasi menyesatkan mengenai vaksin,” ujar Deliana. Jakarta, Beritasatu.com – Imunisasi atau vaksinasi menjadi investasi terbaik dalam kesehatan world. Mengusung tema Vaccines convey us closer, World Immunization Week 2021 menyampaikan pesan kepada seluruh dunia mengenai pentingnya imunisasi untuk mencegah penyakit dan melindungi hidup, melalui slogan forestall , protect , dan immunise .

Sekitar 50 lebih peserta vaksinasi antusias mendengarkan edukasi yang disampaikan. Selain itu para Lansia juga kami persilahkan untuk menyampaikan pertanyaan diakhir edukasi. Nadia juga mengingatkan bahwa saat ini sudah lebih dari 600 tenaga kesehatan meninggal dunia akibat Covid-19. Dokter Nadia membuka diskusi dengan memaparkan fakta bahwa penderita kasus COVID-19 lansia di Indonesia terbilang tinggi. Lewat data dari Kemenkes, diketahui setidaknya usia di atas 60 tahun punya kemungkinan terpapar hingga 12 persen untuk laki-laki dan eleven persen untuk perempuan. Pada akhir pemaparan, beliau juga berpendapat bahwa yang paling penting diawali dengan vaksinasi dan mempersiapkan protokol kesehatan yang ketat untuk dapat melakukan pembelajaran offline.

Direktur Jenderal Bimas Kristen, Prof Thomas Pentury dalam pemaparannya menyampaikan gereja memiliki tanggung jawab untuk mengedukasi jemaat mengenai manfaat vaksinasi. “Saya kira pertanyaan mengapa gereja atau umat harus diedukasi itu menjadi penting. Karena, pandemi COVID-19 ini memberi dampak negatif bagi gereja, khususnya dalam pertumbuhan gereja,” ujar Thomas. Untuk menekan laju penyebaran virus Corona, selain vaksinasi, saban hari Lion Parcel juga melakukan sterilisasi dengan disinfektan dan penyalaan lampu Sinar UV pada wilayah kantor space operasional. Vaksinasi pertama diberikan kepada karyawan di wilayah kantor Balaraja dan di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Sedangkan tahap keempat dikhususkan untuk karyawan dan masyarakat umum di sekitar kantor Lion Parcel di bilangan Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Kini, upaya menggalakkan vaksinasi tidak hanya dilakukan pemerintah, tapi juga perusahaan swasta seperti Lion Parcel.

Pentingnya vaksinasi

KIPI juga merupakan kasus yang jarang terjadi dan kebanyakan tidak membahayakan. Risiko munculnya KIPI masih lebih ringan dibandingkan risiko terjangkitnya penyakit serius yang tentu lebih mengancam nyawa. Vaksinasi Covid-19 memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk banyak orang. Vaksin Covid-19 aman dan halal, hal ini disampaikan oleh Komisi Fatwa MUI Pusat bahwa sudah memberikan fatwa bahwa vaksin Covid-19 halal dan suci. Oleh karenanya, meskipun masih banyak beredar isu atau hoax mengenai vaksin yang belum jelas kebenarannya, masyarakat tidak perlu ragu dan khawatir untuk melakukan vaksinasi Covid-19 guna kepentingan bersama. “Dalam situasi tersebut saya kira perlu keterlibatan semua pihak agar masyarakat terbebas dari hoaks, sehingga program vaksinasi massal berjalan lancar,” katanya.