Sinovac Dan Sinopharm Disetujui Arab Saudi, Haruskah Vaksin Dosis Ketiga Bagi Jemaah?

Vaksin itu hasil dari produksi Bio Farma dengan bahan baku impor dan pemberian hibah negara sahabat. Indonesia baru saja menerima sebanyak 1,5 juta vaksin Pfizer yang akan digunakan dalam program vaksinasi nasional. Kedatangan vaksin Pfizer melengkapi kebutuhan vaksinasi Corona untuk masyarakat Indonesia.

Jawabannya rumit dan sangat tergantung dengan kondisi, sebab pengembangan vaksin terdiri dari rangkaian proses yang panjang. Rusli juga mengatakan bahwa kesungguhan Satgas Penanganan COVID-19 Nasional menjadi motivasi dan semangat pemerintah provinsi Gorontalo berserta perangkat daerah dibawahnya dalam bersinergi melakukan penanganan COVID-19. Saat ini para produsen vaksin sedang berlomba-lomba untuk menghadirkan jenis vaksin COVID-19 yang aman dan efektif.

Vaksin terbaik

Ketika disuntikkan sebagai vaksin, virus yang tidak aktif akan melatih sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit yang disebabkannya, tetapi tidak akan membuat kamu sakit. Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia telah menetapkan 6 jenis vaksin Covid-19 yang akan digunakan untuk tahap vaksinasi di tengah pandemi virus Corona. Pemberian vaksin COVID-19 dengan jeda 3 bulan setelah sembuh dianggap sebagai waktu terbaik untuk mengoptimalkan pembentukan antibodi di dalam tubuh.

Pemberian vaksin adalah cara yang umum dilakukan untuk mencegah penyakit, baik untuk usia dewasa maupun anak-anak. Dengan divaksin, akan timbul kekebalan, sehingga tubuh akan mampu melawan serangan infeksi di kemudian hari. Analisis dari uji coba di Inggris dan Brasil dan menunjukkan vaksin AstraZeneca memiliki efikasi hingga 90 persen.

Kebut program vaksinasi warga binaan merupakan salah satu ikhtiar Kemenkumham, dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 di rumah tanahan dan lembaga pemasyarakatan . Dari jumlah tersebut, terbagi menjadi dua, yaitu 32 juta warga Indonesia yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 secara gratis. Warga tersebut termasuk golongan tenaga kesehatan, pelayanan public, PBI dan kelompok masyarakat yang rentan terkena virus penyakit lainnya. Sementara itu, 75 juta warga harus membayar untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

“Satgas berharap hasil temuan ini dapat diterima oleh masyarakat dan program vaksinasi nasional dapat terus berjalan sebagaimana mestinya,” lanjut Wiku. Berdasarkan hasil uji klinis, vaksin buatan Pfizer-BioNTech dan Moderna memiliki efikasi yang paling tinggi setelah diberikan sebanyak dua dosis, yakni 95% dan 94% berturut-turut. Sedangkan vaksin Oxford-AstraZeneca, sejauh ini hanya menunjukkan efikasi sebesar 62% setelah dua kali suntik. Padahal, vaksin ini memiliki teknologi yang paling mirip dengan infeksi alamiah COVID-19 sehingga seharusnya mampu memicu respon kekebalan tubuh yang paling kuat dan efektif. Validasi ini menandakan vaksin yang ada dan disediakan pemerintah adalah vaksin terbaik. Masyarakat tidak perlu khawatir dengan berbagai jenis vaksin, karena semua jenis vaksin baik untuk mencegah penularan COVID-19 dan telah melalui uji kualitas, keamanan, dan efikasi.

“Dalam masa kedaruratan pandemi, vaksin yang tersedia adalah yang terbaik untuk digunakan,” ujar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, pertengahan Maret lalu. TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo terus mendorong masyarakat untuk segera mendapatkan vaksin Covid-19. Jokowi mengatakan vaksin yang ada saat ini adalah vaksin terbaik yang bisa didapatkan oleh masyarakat.

Sebelumnya, ia direkomendasikan oleh dokter untuk menggunakan vaksin Sinovac yang sudah lebih dulu tersedia. Namun saat hendak disuntik, gula darahnya naik sehingga harus ditunda hingga Agustus. Seperti dialami Jodi , seorang warga Kota Tangerang yang baru-baru ini mendapat suntikan dosis 1 vaksin Pfizer. Meski mengidap komorbid diabetes, ia mengaku tidak mengincar vaksin tertentu, yang penting sesuai dengan kondisi kesehatannya. Varian virus sudah mulai beredar, dan sementara vaksin saat ini menunjukkan mereka masih melindungi walau memiliki perlindungan yang kurang.

Menurut H. Marwan Hamami Setelah tenaga medis dan pelayanan publik baru tahap berikutnya seluruh masyarakat akan dilakukan vaksinasi covid-19. “Paling utama kita lakukan vaksin adalah orang-orang yang banyak berhubungan langsung dengan masyarakat, sejak kemarin sudah dimulai” tambahnya. AMBON, PPID – Kota Ambon masuk dalam 20 Kabupaten/Kota di Indonesia dengan capaian vaksinasi lanjut usia diatas 25 persen berdasarkan knowledge dari Kementerian Kesehatan RI tanggal 4 April 2021.

Skuat Persib sendiri lanjut Robert sudah melakukan vaksin COVID-19, setidaknya dosis pertama. Tak hanya itu, semua yang masuk ke stadion harus sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19. Ini yang membuat sebagian besar negara kesulitan untuk menyimpan dan mendistribusikan vaksin. Bisa dikatakan, hampir mustahil untuk negara-negara miskin, apalagi tanpa bantuan donor yang signifikan. Sebaliknya, vaksin buatan Moderna memiliki harga yang sangat tinggi per dosisnya. Moderna adalah perusahaan komersil, yang dengan jelas menyatakan minatnya dalam menghasilkan revenue.